Welcome To My Blog

Rabu, 04 September 2013

Teknologi Basis Data

Pengertian Sistem Manajemen Basis Data

Basis Data
 
Basis data atau data base, berasal dari kata basis data. Basis adalah markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul. sedangkan data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya.
Dari kedua pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian dari basis data adalah kumpulan file/table yang saling berelasi yang disimpan dalam media penyimpanan elektronik.
Dapat dikatakan pengertian lain dari basis data adaah koleksi terpadu dari data yang saling berkaitan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu enterprise (dunia usaha). Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan pada masing-masing table / file didalam data base berfungsi untuk menampung atau menyimpan data-data, dimana masing-masing data yang ada pada table/file tersebut saling berhubungan dengan satu sama lainnya.

Sistem Basis Data

Sistem Basis Data dapat diartikan sebagai kumpulan file/table yang saling berhubungan ( dalam sebuah baris data di sebuah sistem komputer), dan sekumpulan program (DBMS/ Database Management System) yang memungkinkan beberapa user (pemakai), dan atau program lain untuk mengakses dan memanipulasi file (table) tersebut.
Komponen-komponen utama dari sebuah sistem basis data adalah :
1. Perangkat Keras (hardware)
2. Sistem Operasi (operating system)
3. Basis Data (database)
4. Sistem (aplikasi/perangkat lunak) pengelola basis data (DBMS)
5. Pemakai (user)
6. Aplikasi (perangkat lunak) lain (bersifat optional) 

Sistem Management Basis Data

DBMS adalah koleksi terpadu dari program-program (sistem perangkat lunak) yang digunakan untuk mendefinisikan, menciptakan, mengakses dan merawat database (baris data). Tujuannya adalah menyediakan lingkungan yang mudah dan aman untuk penggunaan dan perawatan data base. Contoh DBMS adalah Ms-Acces, MS-Sql, Server dan Oracle

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar